Minggu, 07 Agustus 2016

Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan?

Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan? - Hallo sahabat Ragam Informasi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pos Islam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan?
link : Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan?

Baca juga


Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan?

UNTUK bisa bertahan di muka bumi ini, kita perlu usaha dan kerja keras. Dengan melakukan hal itu, maka kita bisa memenuhi kebutuhan hidup kita. Memang, pada hakikatnya Sang Pemberi Rezeki adalah Allah SWT. Tetapi, jika kita tidak berusaha, maka mustahil rezeki itu akan turun pada kita.

Hanya saja, tak semua orang mampu untuk berusaha. Seperti halnya seorang anak. Ia tidak akan mampu untuk bekerja karena usianya yang masih belum mencukupi. Tingkat tenaga dan kemampuan berpikirnya, belum mampu untuk mencapai tahap itu. Lalu, bagaimana ia bisa memenuhi kebutuhannya?

Dalam Islam kita mengenal istilah hadhanah. Apakah itu? Hadhanah ialah melindungi dan membiayainya hingga mencapai usia baligh. Hadhanah ini wajib diberikan kepada anak-anak yang masih kecil untuk menjaga badan mereka, akal mereka dan agama mereka. Jadi, harus ada orang yang membiayai kebutuhan hidupnya. Siapakah yang wajib melakukan hal itu?
Hadhanah anak-anak yang masih kecil wajib dikerjakan kedua orang tuanya. Jika keduanya telah meninggal dunia, maka hadhanah terhadap mereka wajib dikerjakan sanak kerabatnya yang paling dekat dan sanak kerabat urutan berikutnya. Jika sanak kerabat tidak ada sama sekali, maka hadhanah terhadap mereka wajib dikerjakan pemerintah, atau salah satu jamaah dari kaum muslimin. []
Referensi: Ensiklopedi Muslim Minhajul Muslim/Karya: Abu Bakr Jabir Al-Jazairi/Penerbit: Darul Falah
https://www.islampos.com/hadhanah-pada-siapa-diwajibkan-294608/



Demikianlah Artikel Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan?

Sekianlah artikel Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hadhanah, pada Siapa Diwajibkan? dengan alamat link http://ragamblogku.blogspot.com/2016/08/hadhanah-pada-siapa-diwajibkan.html


EmoticonEmoticon